STUDI BANDING DESA GONDANG

Pemerintah Desa Gondang menerima kunjungan dari Pemerintah ,Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang, Rabu 10 Maret 212. Kepala desa Gondang beserta perangkat desa, serta anggota Bumdes Banjar Gondang Mandiri Desa Gondang menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut di Aula Balai Desa Gondang.

 

Rombongan studi banding ini terdiri dari unsur  Sekertaris Desa se Kecamatan Tuntang Kab Semarang, unsur Bumdes,  dan unsur Kecamatan yang seluruhnya berjumlah 30 orang. Tujuan studi banding ini seperti disampaikan oleh SekCam kec Tuntang Kab Semarang adalah dalam rangka bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Gondang karena dianggap salah satu desa yang sudah bisa menjalankan Bumdes di Kabupaten Kendal. Lebih khusus lagi karena desa Gondang telah menggunakan aplikasi Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) dalam penyusunan laporan Dana Desa.

(studi banding SekDes Kec tuntang kab Semarang)

Kepala desa Gondang, Yudhi Susanto menyampaikan terima kasih yang setingginya kepada pemerintah Kec Tuntang karena telah sudi berkunjung dan bersilaturahmi ke desa Gondang. Beliau sangat berharap agar apa yang menjadi niatan dalam kegiatan studi banding ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama perangkat desa dan tercatat sebagai ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Beliau kemudian melanjutkan dengan memaparkan tentang sejarah dan profil desa Gondang secara singkat.

(Sambutan Kepala Desa Gondang dan pemaparan materi)

Kemudian lebih lanjut beliau menjelaskan bagaimana sistem kerja di kantor desa Gondang dari perencanaan sampai pada pelaporan pertanggungjawaban dengan menggunakan aplikasi Siskeudes, bagaimana kerjasama antar perangkat desa, pelayanan kepada masyarakat, kerjasama dengan BPD, Bumdes dan sebagainya. “Kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dan mau bekerja keras dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada seluruh aspek di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintahpun harus terus dijaga agar terciptanya desa yang lebih mandiri menuju kesuksesan desa.

Selanjutnya penyampaian pengantar disampaikan oleh ketua rombongan studi banding dari Kec Tuntang, dalam hal ini Sekertaris kecamatan Tuntang. “Kami sangat bangga karena sudah diterima dengan baik oleh Pemerintah Desa Gondang dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman. Dan tujuan kedatangan kami ke Desa Gondang ini adalah bersilaturahmi dan agar mendapatkan ilmu dalam hal pengelolaan Dana Desa serta pengelolaan Bumdes,” jelasnya. Beliau berharap agar apa yang didapatkan di desa Gondang ini bisa diaplikasikan nantinya di desa – desa Kec Tuntang Kab Semarang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi yang dipandu langsung oleh Kepala Desa Gondang. Sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa yang telah dilaksanakan di desa Gondang serta bagaimana hubungan pemerintah desa dengan pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait lainnya dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada penyusunan laporan pertanggungjawaban. Kepala Desa Gondang secara gamblang dan jelas membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut di desa sehingga para peserta merasa sangat puas dengan hasil diskusi ini dan mereka berharap agar dapat menerapkan apa yang didapat di desa Gondang ini untuk diterapkan di seluruh desa.

(pemberian oleh - oleh ke desa Gondang)

Selanjutnya para peserta kunjungan dipersilahkan untuk melihat-lihat keadaan dan kondisi kantor desa Gondang. Mereka dipandu oleh direktur Bumdes, All Huda,  tentang cara pengelolaan Bumdes  desa Gondang, dan tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dengan bertanya langsung bila dirasa belum jelas. Diakhir Kunjungan peserta diajak ke salah satu tempat Wisata yang ada di desa Gondang, Lembah Nirwana. Disana peserta bertemu langsung dengan Pemilik sekaligus Owner dari Lembah Nirwana, bapak Sugiharto. Beliau juga memberikan sedikit pemaparan tentang Wisata Lembah Nirwana.

            Acara berjalan lancar dan berakhir pukul 14.00 WIB. Tidak lupa sebelum pulang seluruh peserta dan Pemerintah desa Gondang mengadakan foto bersama sebagai kenang – kenangan.

(makan siang di Lembah Nirwana)

 

 

 

 

 

 

penulis : rudhi k

 


Dipost : 2021-03-12 15:23:33 | Dilihat : 703