Berita

Pelaksanaan Reboisasi Di Dusun Beku oleh Mahasiswa KKN Unwahas dan Warga Sekitar

  • 11-08-2023
  • gondanglimbangan
  • 303

KKN Universitas Wahid Hasyim Semarang (UNWAHAS) melakukan reboisasi (±)100pohon beringin dan aren didusun Beku, Limbangan, Kamis (10/8/2023). KKN UNWAHAS berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang sigap tanggap dalam penanggulangan bencana alam.

 

 

Anggota KKN Universitas Wahid Hasyim Semarang (unwahas), Bang Alip sebagai ketua KKN menyampaikan, adanya reboisasi ini diharapkan bisa mendapatkan manfaat seperti berikut ini: Mencegah terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan juga air hujan yang berturut-turut. Melestarikan kesuburan tanah yang bisa dijadikan sebagai lahan pertanian. Menjaga struktur tanah agar tidak rusak.

“Salah satu rencana program kerja yang kami rancang adalah reboisasi, karena ketika tim kami melakukan observasi diwarga sekitar, ternyata di desa gondang pernah terjadi bencana alam banjir bandang, dan karna itulah kami memutuskan untuk menjadikan reboisasi sebagai program kerja kami” seru Bang Alip.

 

 

Sebagai bentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan dan pencegah terhadap bencana alam banjir bandang dan tanah longsor akibat cuaca ekstrim, KKN Universitas Wahid Hasyim Semarang melakukan Reboisasi penanaman pohon dilereng gunung, Salah satu program kerja (PROKER) dari KKN UNWAHAS, sebuah bentuk kegiatan yang dapat berguna bagi keselamatan masyarakat. Lingkungan hidup yang aman merupakan harapan semua orang. Hal ini dikarnakan cuaca tidak menentu, lingkungan dataran lereng gunung rusak, banyak lahan dibuka karena kebutuhan perkebunan untuk ditanami yang mengorbankan pohon besar yang tumbang, dan masalah lainnya. Melihat kerusakan lingkungan hidup tersebut, kami KKN UNWAHAS dan warga sekitar yang kami ajak untuk melakukan penanaman pohon bersama.

Menanam dan menjaga pepohonan merupakan tanggung jawab bersama. Masyarakat harus mulai menyadari dan merasakan manfaat dari lingkungan sekitar. Setiap orang secara gotong royong menjaga lingkungan mereka demi menciptakan kehidupan yang lebih nyaman di masa mendatang. Hal ini juga erat hubungannya dengan kesehatan dan keselamatan. Selain itu, dengan lingkungan yang baik pula, kita akan merasa nyaman dan betah untuk berada di lingkungan tersebut. Disinilah manfaat menanam pohon tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Tujuan menanam pohon mungkin tidak bisa langsung kita rasakan dalam waktu singkat. Namun di masa depan, usaha ini akan sangat berguna bagi anak-anak dan cucu kita kelak, agar mereka bisa tumbuh di lingkungan yang baik itu.

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 23 Mei 2024 23:21
Awan Pecah
27° C 27° C
Kelembapan. 87
Angin. 1.6