Berita

Pendampingan Edukasi Sandi Morse oleh Mahasiswa KKN UNWAHAS di SDN 2 Gondang

  • 03-08-2023
  • gondanglimbangan
  • 246

Rabu 2 Agustus 2023, mahasiswa KKN Universitas Wahid Hasyim memberikan pembelajaran mengenai sandi morse di SDN 2 Gondang. Pembelajaran ini dilakukan guna persiapan kontingen SDN 2 Gondang dalam rangka menyambut jambore ranting yang akan dilaksanakan pada 12-14 Agustus mendatang di SMPN 1 Limbangan. 

Sandi morse merupakan suatu kode yang diterapkan dengan menggunakan sebuah sistem representasi huruf dan angka, serta tanda baca sinyal. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sandi morse berarti berupa titik dan garis sebagai pengganti huruf, angka dan tanda baca yang dipakai pada pengiriman dan penerimaan berita telekomunikasi. Kode Morse merupakan salah satu materi yang menjadi media pembelajaran anggota Pramuka. Melalui materi sandi anggota Pramuka dapat melatih kemampuan untuk mengingat, konsentrasi, ketelitian, dan ingatan.

"Materi sandi morse ini diajarkan karena termasuk salah satu cabang lomba yang diperlombakan di jambore ranting mendatang" ujar Nanda, salah satu mahasiswi KKN Unwahas.

Antusiasme dari peserta sangat baik dalam menerima materi yang diajarkan. Harapannya, peserta dapat menghafal dengan mudah dan cepat.

Share :

Cuaca Hari Ini

Kamis, 23 Mei 2024 22:29
Awan Mendung
27° C 27° C
Kelembapan. 86
Angin. 1.01