Mahasiswa KKN MMK UIN Walisongo Mengupayakan Pelestarian dan Kesehatan Masyarakat Desa Gondang Melalui Penanaman Bibit Pohon

Kendal - Mahasiswa KKN MMK Prodi Gizi Kelompok 07 UIN Walisongo melaksanakan kegiatan penyerahan serta penanaman 450 bibit pohon jenis buah-buahan dan kayu-kayuan, bersama  siswa/i SMP N 3 Limbangan yang bertempatkan di Lapangan SMP N 3 Limbangan, Desa Gondang, Kabupaten Kendal.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo Semarang, Kepala Desa Gondang, Karang Taruna Dusun Nambangan, segenap guru dan pegawai SMP N 3 Limbangan, serta perwakilan dari kelompok mahasiswa KKN MMK Prodi Gizi lainnya.

Selaku koordinator KKN MMK Kelompok 07 UIN Walisongo Semarang, Hutiva Anggun mengutarakan, bahwasannya “kegiatan penanaman bibit ini merupakan satu langkah kami dalam mempercepat upaya pencegahan stunting; dimana sebanyak 450 pohon yang terdiri dari jenis pohon buah dan kayu-kayuan ini selain untuk menjaga kelestarian alam juga dapat meningkatkan ekonomi guna mengurangi keluarga berisiko stunting,” ujarnya dihadapan pers, Jumat (22/07/2022).

Bapak Agus Imam Kharomain, M. Ag selaku perwakilan dari LP2M, juga menyatakan “walaupun lingkungan Desa Gondang sudah hijau, gerakan penghijauan ini tidak ada salahnya; apalagi bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mengurangi keluarga berisiko stunting. Disertai dengan harapan, semoga kegiatan ini bisa memberi manfaat untuk masyarakat sekitar.”

Beliau juga menjelaskan kembali, “agama Islam tidak hanya membahas bab ibadah saja, tetapi juga terkait kepedulian terhadap lingkungan, seperti halnya yang telah diutarakan oleh sahabat Jabir RA, bahwa Rasulullah, SAW. bersabda ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon kecuali apa yang dimakan bernilai sedekah, apa yang dicuri juga bernilai sedekah. Tiada pula sesorang yang mengurangi buahnya melainkan akan bernilai sedekah bagi penanamnya sampai hari kiamat,’” (At-Targhib wat tarhib minal Haditsisy Syarif karya Imam Zakiyuddin Abdul Azhim Al-Mundziri).

Selanjutnya Ibu Dra. Herutami selaku perwakilan dari sekolah, beliau menambahi penjelasan yang diutarakan oleh Bapak Agus Imam Kharomain, “menanam itu merupakan perbuatan yang mulia, yang insyaallah akan dicatat sebagai amal ibadah, bermanfaat untuk kita semua.”

Sebelum tiba penghujung acara, Bapak Yudhi Susanto selaku perwakilan dari kepala desa menyempatkan untuk menyampaikan sukacitanya terhadap adanya kegiatan tersebut, “saya sangat berterimakasih dikarenakan sudah mengedukasi kesehatan serta mengingatkan kita terkait pentingnya berinvestasi sehat secara sadar.”

Dengan adanya kegiatan tersebut sangat membantu serta mengkokohkan kelestarian lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitar. 

( Foto Penanaman Pohon Di SMP N 3 Limbangan dan SD N 2 Gondang )

    

Kontributor: Marsa Ardannauval S dan Vernanda Eka


Dipost : 2022-07-25 13:31:31 | Dilihat : 94