Lestarikan Pangan Lokal, Kelompok 8 KKN MMK Tematik Gizi Lakukan Penanaman Bibit Alpukat Di Dusun Beku, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten K

Mahasiswa KKN Tematik Gizi UIN Walisongo Semarang yang mana bekerja sama dengan BPDASHL PEMALI JRATUN SEMARANG yang memberikan sejumlah 300 bibit pohon melaksanakan kegiatan penanaman pohon di Dusun Beku, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Sabtu (16/07/2022)

Kelompok 08 KKN Tematik Gizi UIN Walisongo Semarang melakukan penanaman bibit pohon di bumi perkemahan dusun beku dan rumah masing-masing warga. Kegiatan ini merupakan suatu program kepedulian lingkungan dan juga untuk melestarikan pangan lokal yang ada di dusun beku.

Pada kegiatan ini, Kelompok 08 KKN Tematik Gizi UIN Walisongo Semarang menanam berbagai jenis pohon sebagai upaya dalam melestarikan serta memelihara lingkungan. Penanaman ini dilakukan oleh divisi lingkungan dan juga seluruh anggota kelompok 08, yang mana nantinya penanaman akan dilaksanakan di bumi perkemahan serta dibagikan kepada warga desa dusun beku.

Dengan kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya sinergitas pelaksanaan penanaman pohon yang bertujuan untuk penyerapan karbondioksida (CO2) di atmosfer agar bisa mengantisipasi dampak perubahan iklim. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kesadaran semua pihak untuk menanam dan memelihara pohon sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang melekat pada kehidupan sehari-hari.

"Kegiatan penanaman bibit pohon ini sangat bagus sekali, karena di Dusun Beku khususnya di bumi perkemahan sekitar 3 tahun lalu baru ditebangi pohonnya, jadi kegiatan ini bisa digunakan untuk membantu penghijauan kembali di bumi perkemahan yang ada di Dusun Beku serta dapat membantu melestarikan pangan lokal khususnya pohon alpukat. Selain itu, kegiatan penanaman bibit ketapang kencana di pinggir jalan juga sangat bagus untuk penghijauan serta memperindah jalan menuju ke lokasi bumi perkemahan". Ungkap Bapak Agus Nasrullah selaku Kepala Dusun Beku, Desa Gondang, Kecamatan Limbangan, Kendal, Jawa Tengah.

( Penanaman Bibit Pohon Di Area Bumi Perkemahan Beku )

    

(Penanaman Bibit Pohon Di Area Pemakaman Dusun Beku )

    

 

Penulis : Kelompok 08 KKN Tematik Gizi UIN Walisongo Semarang.


Dipost : 2022-07-25 13:18:17 | Dilihat : 97