ADAKAN PENYULUHAN DAN PERLOMBAAN, KKN MMK KELOMPOK 08 UIN WALISONGO SEMARANG AJAK WARGA DUSUN BEKU MEMBUAT KREASI MENU PMT DARI BAHAN PANGAN LOKAL

Kendal, 14 Juli 2022 - KKN MMK Tematik Gizi Kelompok 08 UIN Walisongo mengadakan penyuluhan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) berbasis pangan lokal. Pada kegiatan ini mengundang pemateri dari salah satu dosen Gizi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Walisongo Semarang yaitu ibu Puji Lestari, M.P.H. Serangkaian kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu Dusun Beku yang memiliki balita sebagai peserta dan mendapat respon positif. Tujuan diadakannya kegiatan ini yaitu sebagai salah satu upaya membantu program pemerintah dalam percepatan penanganan stunting. Sebagai bentuk pengaplikasian materi yang telah diberikan, maka selanjutnya diadakan lomba cipta kreasi menu PMT berbasis pangan local. Dari perlombaan ini, dihasilkan beberapa kreasi menu baru, seperti pudding alpukat, pudding kacang hijau, bakso jamur, nugget brokoli ayam, dan nugget brokoli sapi.

Dalam rangka percepatan penangan stunting, diselenggarakan serangkaian acara meliputi penyuluhan PMT yang diselenggarakan pada tanggal 14 Juli 2022, lomba cipta kreasi menu PMT berbasis pangan local dan lomba foto contest yang diselenggarakan tanggal 17 Juli 2022. Kegiatan pertama yang dilaksanakan yaitu penyuluhan PMT mendapatkan respon positif dan apreasi yang tinggi dari ibu – ibu peserta. Penyuluhan PMT dihadiri oleh 27 peserta. Dalam kegiatan penyuluhan, pemateri tidak hanya memaparkan berkaitan dengan PMT namun juga dijelaskan materi terkait stunting. Pemateri juga memberikan beberapa contoh resep menu PMT yang berbasis pangan local. Sebagai pendukung kegiatan penyuluhan ini, kelompok 8 memberikan booklet yang berisi beberapa resep menu yang disesuaikan dengan pangan local yang ada. Selain booklet, ibu – ibu peserta juga ditunjukkan beberapa hasil kreasi menu yang telah dibuat oleh kelompok 8. Ibu – ibu peserta dan juga balita yang ikut serta diberi kesempatan untuk mencicipi contoh menu yang telah dibuat.

Untuk menindaklanjuti pemahaman ibu – ibu yang memiliki balita di Dusun Beku terkait PMT diadakan lomba cipta menu kreasi PMT. Lomba yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 bertempat di rumah Ibu Julasmi salah satu kader posyandu Dusun Beku diikuti oleh 5 kelompok hasil kreasi menu yang bervariasi. Dari 5 kelompok diperoleh 3 juara kreasi menu terbaik. Pudding kacang hijau menjadi kreasi menu yang memperoleh juara pertama, diikuti menu pudding alpukat sebagai juara kedua, dan menu nugget brokoli sapi sebagai juara ketiga. Selain kegiatan lomba cipta kreasi menu PMT, di waktu dan tempat yang sama juga diselenggarakan lomba photo contest terkait dengan pelaksanaan cipta menu kreasi PMT.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali dan banyak hikmah yang bisa diambil. Pertama, kerjasama dan gotong royong para ibu-ibu muda dalam membuat menu PMT. Kedua, adanya usaha dari para ibu-ibu untuk menciptakan kreasi menu baru. Ketiga, bertambahnya wawasan bagi para ibu-ibu mengenai PMT yang mudah diterima oleh anak-anak” ungkap Ibu Hanifah sebagai juri sekaligus istri dari Kepala Desa Gondang, Kendal, Jawa Tengah.

 

Penulis : Kelompok 08 KKN MMK Tematik Gizi  UIN Walisongo Semarang


Dipost : 2022-07-20 21:26:49 | Dilihat : 112